toko mainan anak
Sedia mainan anak khusus mainan kayu dan mainan kain untuk usia 1-5 tahun. Murah dan sangat aman bagi anak - puzzle,wiregame,color tower,buku kain,flanel board, dadu kain

Sepeda sebagai teman bermain dan belajar

Tips memilih mainan anak
Jenis permainan anak untuk mempertajam kecerdasan visual
Mainan Outdoor
Tips berbelanja online
9 kegiatan bermakna bersama anak

Home

Bersepeda tidak sama dengan main-main tanpa tujuan. Anak-anak belajar bermacam-macam hal melalui kegiatan ini: keseimbangan fisik, keterampilan dan koordinasi gerak anggota tubuh, mengolah emosi, dan menambah pengalaman.

Sebagai contoh anak prasekolah ini belajar tentang sebab dan akibat: karena ngebut dan kurang hati-hati maka ia terjatuh. Dari pengalaman ini anak belajar tidak menyalahkan orang lain dan tidak kapok dengan giat mengasah ketrampilan bersepeda.

Tampak sepele, tapi buat sebagian besar anak prasekolah, sepeda adalah alat penting yang membawa mereka ke dunia yang menarik. Bertemu teman-teman, mengasah keterampilan dan kecerdasan.

Menurut para pakar, kecerdasan anak akan optimal apabila kedua belah otak distimulasi dengan baik. Dengan menjaga keseimbangan saat bersepeda, otomatis kedua belahan otak anak akan terstimulasi, demikian pula panca inderanya.

Betapa kelirunya jika kita melarang anak bersepeda. Jika anda kawatir si kecil tertabrak kendaraan bermotor dan halaman atau lingkungan sekitar rumah kurang mendukung ruang gerak, ada baiknya secara berkala dalam seminggu anda ajak si kecil mengasah keterampilan ini di taman yang mungkin agak jauh dari rumah tapi memiliki ruang gerak yang leluasa.

 

Sumber: Majalah Ayah Bunda No.15 2007

Copyright©2008 mainan anak All right reserved
mainan anak | mainan kayu | mainan kain | permainan anak | toko mainan anak | toko mainan